Simpan File Anda di Google Mail!

20 11 2008

Bermasalah dengan kapasitas penyimpanan?

Sejak Google mengeluarkan layanan email gratisnya, Google terus menambah kapasitas emailnya. Awalnya ini menjadi suatu strategi Google ketika lagi tren “perang kapasitas penyimpanan email” sekitar tahun 2004/2005 lalu (saya sudah agak lupa. yang jelas ketika itu saya masih SMA kelas 3).

Lama-lama, ketika penyedia layanan email mulai bosan dengan perang ini, Google menjadikannya sebuah strategi untuk meraup pengguna. Memang, tidak ada satupun penyedia email yang menerapkan sistem ini. Setiap hari, jam, menit, bahkan detik, kapasitas email Google (meski entah kenapa sampai sakerang masih berstatus versi Beta) terus bertambah. Ketika saya mendapat undangan bergabung dari teman (waktu itu Google belum menyediakan pendaftaran secara bebas, tapi melalui sistem undangan. Orang yang menerima undangan bisa mendaftarkan dirinya menjadi pengguna Google Mail yang saat itu berkapasitas paling besar: 1 Gigabita!), saya senang sekali. Ternyata, Google Mail memang memiliki banyak keunggulan dibanding penyedia layanan email lainnya.

Awalnya, saya menggunakan Yahoo Mail. Namun, masalah kelambatan koneksi selalu menjadi kendala. Koneksi internet ketika itu tidak secanggih sekarang. Dulu, paling cepat membuka email Yahoo sekitar lima menit. Sekarang, di kampus bisa sekejap mata saja. Namun, Google berbeda. Tampilannya simpel, tidak banyak iklan atau gambar-gambar gak penting, sehingga tidak terlalu berat untuk ditampilkan meski dengan koneksi lambat. Sejak saat itu, saya selalu menggunakan Google untuk berkirim surat elektronik.

Pada tahun 2005, ketika pertama mendaftar, Google Mail menawarkan kapasitas email paling besar di antara pesaingnya: 1 Gigabita. Yahoo Mail menawarkan 100 Megabita, sementara Plasa.com (salah satu penyedia layanan email lokal yang cukup terkenal di antara teman-teman SMA ketika itu) masih bertahan dengan kapasitas lama: 15 Megabita. Namun, beberapa minggu kemudian, saya menemukan sebuah penyedia lain yang cukup menghebohkan, Hellacious Rider (hrider.com) yang tidak tanggung-tanggung menawarkan 1 Terabita (alias 100 Gigabita!). Sekarang, kapasitas Google Mail sudah berkumulasi sampai 7 Gigabitaan, sementara Yahoo Mail masih bertahan dengan keputusan akhirnya: 1 Gigabita (kapasitas email yang ditawarkan Google ketika pertama diluncurkan, he he .. ^_^).

Menyimpan File di Google?
Ketika berselancar tadi, saya menemukan sebuah program bagus. Namanya GMail Drive 1.0.13. Program ini dapat digunakan untuk menyimpan file-file kita di server Google Mail. Jadi, semacam program pengunggah file. File-file kita disimpan di server Google menggunakan akun email Google yang kita miliki. Jadi, kapasitas penyimpanan yang kita miliki mengikuti kapasitas penyimpanan kita di Google Mail. Untuk saat ini lebih kurang 7 Gigabita, dan tentunya terus bertambah.

Program ini dibuat dengan bahasa Python dan masih dalam proses pengembangan. Program ini berlisensi gratisan, jadi bisa diunduh dan digunakan sesuka kita. Anda tertarik? Silakan unduh pada link di bawah ini. Oh ya, dan jangan lupa, baca catatan-catatan khusus lainnya di situs tersebut, sebelum Anda mengunduh. Saya katakan penting, karena saya dan si pemilik situs benar-benar tidak bertanggung jawab jika terjadi kehilangan atau kerusakan data pada Anda. Risiko penggunaan program tersebut sepenuhnya ada pada Anda. Saya hanya menginformasikan. Oke, selamat mengunduh!

http://www.viksoe.dk/code/gmail.htm


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: