Mencontek atau Menyontek???

25 11 2008

Oke, kita selama ini percaya bahwa yang benar adalah mencontek.. Begitu kata guru-guru, begitu pula kata dosen-dosen saya. Tapi, apa benar?

Masalahnya, dua hari yang lalu saya nemuin fakta yang cukup mengejutkan. Ternyata verba dasar mencontek atau menyontek itu adalah… sontek, bukan contek !!! Ketika saya iseng membuka-buka KBBI (percayalah.. saya iseng! bukan kerajinan!), saya mencari entri kata contek. Ketemu sih, tapi saya kaget, ternyata contek adalah bentuk tidak baku dari kata yang lain, yaitu sontek. Pada entri contek tertera tanda cross reference alias rujuk silang ke entri sontek.

Nah, setelah menemukan fakta bahwa kata dasarnya adalah sontek sesuai kaidah men(N) + KPTS harus luluh fonem homorgan kan?

Berarti yang benar menyontek dong???


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

