Sekarang saya paham!

28 01 2009

Hari ini, sejak 08.00 sampai 11.30 saya duduk di ruang B 201, mengikuti kuliah Sastra Bandingan yang menjadi bagian “episode kuliah kecelakaan”. Saat ini saya tidak berniat menceritakan mengapa saya katakan episode kecelakaan. Itu nanti, ada saatnya. Lumayan, duduk selama tiga jam setengah cukup membuat kaki kram dan pantat mati rasa. Untungnya, dosen kami bisa membuat kuliah maraton sekaligus sprint ini menjadi menarik untuk diikuti. Ya, pada dasarnya kuliah ini berdistribusi 30 persen materi, 70 persen cerita. Ha ha, maaf ya bu. Lagian, Ibu nggak bosan-bosannya cerita. Tapi tenang lah Bu, kami nggak bosan kok dengerin cerita Ibu.

Tadi, diceritakan bahwa, menurut ideologi dan filosofi Jawa, seorang laki-laki itu idealnya berbadan seperti arjuna. Kurus, ramping, tidak gemuk. Ini menunjukkan bahwa si laki-laki adalah seorang yang cerdas, senang berpikir. Contohnya, Arjuna dan Yudhistira. Mereka, di Mahabharata versi Indonesia (khususnya Jawa), diceritakan berbadan tegap, tidak gemuk (itulah sebabnya kenapa figur-figur wayang kulit tubuhnya tampak kurus kering). Mengapa mereka bisa kurus seperti itu? Jelas, karena mereka sering bertapa di suatu tempat untuk memikirkan sesuatu secara mendalam dan sungguh-sungguh. Mereka selalu ingin mencari jawaban atas suatu pertanyaan dengan cara berpikir. Saking lamanya berpikir, mereka memakan waktu bisa berhari-hari. Dan selama berhari-hari itu tentunya mereka tidak makan. Tahu sendiri, apa yang akan terjadi pada tubuh orang yang tidak makan selama beberapa hari. Lapisan lemaknya secara otomatis dibakar tubuh sebagai pengganti nutrisi dari makanan yang tidak ada selama masa tapa.

Sampai sekarang, hal tersebut juga terjadi. Orang-orang yang senang berpikir dan melakukan suatu pekerjaan secara sungguh-sungguh sering melupakan kebutuhannya sendiri, bahkan yang bersifat wajib dan rutin seperti makan, mandi, dsb. Mereka terlalu serius berpikir dan berpikir tentang sesuatu atau terlalu fokus mengerjakan proyek.

Nah, saya kemudian berpikir-pikir, apa saya juga seperti itu? He he, mungkin ya?

Menurut Anda yang kenal saya?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: