Apa itu Konstituen?

2 04 2010

Apa itu Konstituen?

Konstituen adalah unsur bahasa yang merupakan bagian dari satuan yang lebih besar; bagian dari suatu konstruksi (KL, 2001: 119).

Singkatnya, konstituen adalah satuan unsur yang lebih kecil yang jika disusun dapat membentuk satuan baru yang lebih besar. Misalnya, fonem-fonem yang disusun sedemikian rupa akan membentuk sebuah morfem. Morfem yang bertemu dengan morfem lain akan membentuk sebuah kata. Kata yang bertemu dengan kata lain akan membentuk frase atau kata majemuk. Pertemuan frase dengan frase akan membentuk satuan baru yang lebih tinggi yaitu klausa atau kalimat. Demikianlah seterusnya. Kalau urutannya dibalik, kalimat terdiri dari frasa-frasa yang terdiri dari kata-kata atau kata-kata majemuk yang terdiri dari morfem-morfem yang terdiri dari fonem-fonem.

Oleh karena tataran linguistik bersifat hierarkis (bersusun, bertingkat, ada yang lebih tinggi/besar dari yang lain), konstituen pun bersifat hierarkis. Ada konstituen paling kecil adalah fonem karena fonem tidak dapat dibagi lagi sedangkan konstituen paling besar adalah wacana karena memiliki susunan paling lengkap.

Dalam analisis konstituen dalam suatu konstruksi, ada dua konstituen yang sifatnya kontras, yaitu konstituen akhir dan konstituen langsung.

Lihat juga konstruksi.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: