Bagaimana Cara Menulis Alfabet Fonetis di Komputer?

4 04 2010

Beberapa teman yang sedang menyusun skripsi dan makalah sering terbentur masalah penulisan fonetis ketika harus menulis karya tulisnya itu menggunakan komputer. Kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana memperoleh tulisan-tulisan fonetis yang “membingungkan” cara menulisnya itu. Akhirnya, beberapa dari mereka menggunakan pilihan analog alias menambahkan tanda-tanda diakritik atau memodifikasi huruf-huruf biasa menjadi seperti alfabet fonetis dengan menambahkan bentuk-bentuk tertentu secara manual alias menggunakan tulisan tangan.

Cara ini memang bisa dikatakan praktis tetapi menurut saya, ini hanya “praktis” bagi mereka yang tidak peduli dengan kerapian dan kreativitas untuk mencari jalan keluar dalam suatu masalah (hahaha, maaf ya teman-teman, kalau ada yang merasa tersindir). Lagipula, bayangkan jika harus menandai dan mengubah ratusan lambang fon secara manual, bisa jadi justru memakan waktu. Belum lagi kalau ada yang terlewat.

Kesulitan penulisan fonetis ini sendiri baru saya jumpai belakangan, ketika saya mulai menulis skripsi dengan kajian fonetik alias ilmu bunyi. Menulis fonemis saja sudah bikin pusing apalagi menulis fonetis (curhat). Kesulitan yang sama muncul pada teman-teman yang memiliki kajian dialektologi dan beberapa yang mengambil kajian sosiolinguistik.

Penulisan fonetis di MS Word sebenarnya tidaklah susah asal kita mau berepot-repot di awal dan percaya bahwa kerepotan di awal itu membawa kemudahan ditengah proses. Berikut ini daftar kerepotan yang harus dilakukan sebelum mulai.

  1. Diperlukan sebuah set font khusus yang bernama Gentium. Font ini memiliki set karakter paling lengkap, bisa saya katakan jauh lebih lengkap daripada Times New Roman, Arial, maupun Sans Serif.
  2. Unduhlah (download-lah, kalau masih ada yang tidak tahu apa itu unduh) sebuah font yang bernama Gentium dari alamat di bawah ini. http://scripts.sil.org/cms/scripts/page.php?site_id=nrsi&item_id=gentium_download
  3. Perhatikan bahwa font Gentium ini dipak dalam satu bentuk arsip zip atau rar sehingga anda perlu minimal Winrar atau 7Zip untuk membukanya. Satu pak tersebut memiliki empat set font. Untuk menandai yang mana file font, cari saja file yang berekstensi .ttf.
  4. Instal font tersebut ke direktori Windows anda (<Drive Windows>:\Windows\Fonts\) dengan mengekstrak langsung keempat file font dari arsipnya ke direktori Fonts. Cara lain, ekstrak font dari arsip ke folder manapun lalu salin-tempel atau potong-tempel file-file font ke folder Fonts. Sama saja intinya sih; tinggal pilih.
  5. Cek apakah font sudah terinstal dengan membuka MS Word lalu klik kotak font. Periksa apakah font Gentium dan Gentiumalt sudah muncul dalam daftar.

Untuk pengguna Office 2007, ada baiknya Anda membuat jalan pintas (shortcut kalau takpaham) tombol Symbol dari ribbon Insert ke toolbar Quickaccess. Untuk pengguna Office 2003, hapalkan ALT + I + S sebagai jalan pintas perintah Insert Symbol; atau letakkan tool Insert Symbol ke tempat yang mudah dijangkau di toolbar. Anda akan sering menggunakannya.

Selain itu hapalkan pula shortcut CTRL + = untuk subscript (tulisan kecil turun) dan CTRL + SHIFT + = untuk superscript (tulisan kecil naik). Ini penting untuk membantu kelancaran menulis lambang diftong seperti [ay], [oy], dan [aw] serta lambang fonem aspiratif seperti [phɔwə:].

Terakhir, hal yang paling penting Anda bisa menulis tulisan fonetis dengan mudah dan lancar adalah hapalkan letak fon dan cara artikulasinya dalam peta fon dan hapalkan pula semua lambang fonetis yang digunakan dalam IPA, baik untuk kontoid, vokoid, maupun semivokoid. Ini akan sangat membantu karena Anda tidak akan membuang waktu lagi untuk mencontek peta fonem dan daftar lambang IPA.

Akhir kata, selamat berkarya. Semoga tulisan ini membantu Anda!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: